Rabu, 18 Maret 2015

Tugas kuliah

Nama: Pungkas Saputro
Nim   : GE112017
Prodi : Agrobisnis Perikanan
Tugas: 02
SISTEM OPERASI SINGLE USER – MULTI TASKING

A.    Sejarah dan Perkembanganya
Sistem Operasi Generasi Awal dan Penting Menurut Sejarah : CTSS (The Compatible TimeShare System, dibuat di MIT oleh Corbato cs) Incompatible Timesharing System (The Incompatible TimeShare System, dibangun di MIT untuk mainframe DEC 10/20) Sistem operasi THE (oleh Dijkstra cs ) Multics (proyek gabungan Bell Labs, GE dan MIT) Master programme, dibangun oleh Leo Computers, Leo III pada tahun 1962. Sistem Operasi Berhak Milik Generasi Awal Apple Computer Business Operating System (BOS) Commodore PET, Commodore 64, dan Commodore VIC-20 IBM PC awal (UCSD p-System, CPM-86, PC-DOS) Sinclair Micro dan QS TRS-DOS, ROM OS TI99-4 Flex FLEX9 mini-FLEX.
B.     Definisi single user-multitasking
Multitasking adalah menjalankan beberapa program komputer independen pada komputer yang sama, memberikan kesan bahwa komputer melakukan tugas pada waktu yang sama. Karena kebanyakan komputer hanya dapat melakukan paling banyak satu atau dua hal pada satu waktu, multitasking biasanya dilakukan menggunakan time-sharing, yang berarti bahwa setiap program menggunakan sebagian dari waktu komputer saat dieksekusi.
Sebuah kernel sistem operasi berisi software yang disebut scheduler yang menentukan berapa banyak waktu setiap program yang dapat digunakan saat eksekusi, yang mana perintah untuk kontrol eksekusi harus diberikan ke program. Kontrol diberikan ke sebuah process oleh kernel, yang mengijinkan program untuk mengakses CPU atau memory. Kemudian, kontrol dikembalikan ke kernel melalui sebuah mekanisme, sehingga program lain dapat diijinkan untuk menggunakan CPU. Proses pemberian kontrol antara kernel dengan aplikasi biasanya di sebut sebagai context switch.
Model awal yang diatur alokasi waktu untuk program disebut cooperative multitasking. Dalam model ini, ketika kendali diberikan ke program oleh kernel, program dapat dijalankan selama program inginkan sebelum secara eksplisit mengembalikan kontrol ke kernel.


Ini berarti bahwa program jahat atau program yang tidak berfungsi tidak hanya mencegah program lain dari penggunaan CPU, tetapi bisa menggantung seluruh sistem jika memasuki infinite loop.
Sistem operasi modern memperluas konsep preemption aplikasi ke device driver dan kode kernel, sehingga sistem operasi memiliki kontrol preemptive atas internal run-time juga.
Filosofi mengatur preemptive multitasking adalah untuk memastikan bahwa semua program yang diberi waktu di CPU. Ini menunjukkan bahwa semua program harus dibatasi dalam berapa banyak waktu mereka diizinkan untuk dihabiskan di CPU tanpa di interupsi. Untuk mencapai hal ini, kernel sistem operasi modern menggunakan sebuah interupsi berjangka. Sebuah protected mode timer diatur oleh kernel yang memicu untuk kembali ke mode supervisor setelah waktu yang ditentukan telah berlalu.
Pada banyak sistem operasi single user cooperative multitasking cukup memadai, karena umumnya home komputer (PC) menjalankan sejumlah program teruji baik. AmigaOS adalah pengecualian, karena menggunakan pre-emptive multitasking dari versi pertama. Windows NT merupakan versi pertama dari Microsoft Windows yang menerapkan preemptive multitasking, tetapi tidak mencapai pasar pengguna rumah sampai Windows XP (sebab Windows NT ditujukan pada profesional).

C.    Pengoperasian single user-multitasking

Sistem Operasi hanya bisa digunakan oleh satu akun pengguna namun bisa menjalankan banyak program secara bersamaan MULTI USER – MULTI TASKING Sistem Operasi bisa digunakan oleh lebih dari satu akun pengguna dan bisa menjalankan banyak program secara bersamaan.Sistem operasi ini memungkinkan seorang pengguna dapat menjalankan beberapa aplikasi terpisah secara bersamaan. Inilah tipe sistem operasi yang paling umum digunakan sekarang. Sistem operasi ini (Windows, Linux, dsb.) sangat populer  digunakan untuk komputer pribadi.

 

 

 

 

 

Gambar: single user-multitasking
Multitasking adalah pemrosesan beberapa tugas pada waktu yang bersamaan. Sebagai contoh, jika seseorang sedang menyetir, bertelepon lewat ponsel, dan sambil merokok secara bersamaan, maka orang tersebut melakukan multitasking.

Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh_H8wusz_LgUOzkjx2HO4WF-VZyKSFCu2ecwD5aeGxyir2W0Qlf_BCo1fl41NLZch6Sq_qB9V0UDMC0gwC-oi55RBHtGsbR9Fxk8VOKBzimBI1hSLZ6kj4rrz4EGkWyg-P1L6wMFRq_pw/s320/multitasking.jpg

Multitasking merupakan mekanisme kerja komputer. CPU komputer dapat menangani beberapa proses dalam waktu yang sama secara akurat. Proses yang dikerjakan tergantung pada instruksi yang diberikan oleh software komputer. Oleh sebab itu, untuk memanfaatkan kemampuan CPU secara maksimal, software yang digunakan juga harus memiliki kemampuan multitasking. Saat ini, berbagai software sistem operasi sudah memiliki kemampuan multitasking. Itulah sebabnya, saat ini Anda bisa browsing di halaman web SmitDev, chatting, sambil mendengarkan musik secara bersamaan.

 

 

 

 

 

Daftar Pustakaka
§  http://claraviwin.blogspot.com/2013/06/penjelasan-dan-gambar-struktur-storage.html



 

 

 

 

 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar