Rabu, 18 Maret 2015

Nama: Pungkas saputro
Nim   : G1E112017
Prodi : Agrobisnis Perikanan
Tugas : 03
4 tokoh penemu perangkat komputer
1. Christoper Latham Sholes (Penemu keyboard qwerty)
Christopher Latham Sholes (14 Februari 1819 - 17 Februari 1890) adalah seorang penemu Amerika yang menemukan mesin tik praktis dan keyboard QWERTY pertama kali yang masih digunakan sampai sekarang. Ia juga seorang penerbit surat kabar dan politisi Wiscons Christopher Sholes Lahir di Mooresburg, Pennsylvania 14 Februari 1819. Sholes pindah ke dekat Danville, Pennsylvania dan bekerja di sana untuk magang di percetakan. Setelah selesai magang , Sholes pindah ke Milwaukee, Wisconsin pada tahun 1837. Ia menjadi  penerbit surat kabar dan politisi sebagai Senat di Negara Bagian Wisconsin( 1848-1849) sebagai Demokrat, di Majelis Negara Wisconsin(1852-1853) sebagai Soiler Gratis, dan di sebagai Senat di partai Republik(1856-1857). Dia berperan dalam gerakan yang berhasil menghapuskan hukuman mati di Wisconsin : korannya, The Kenosha Telegraph, melaporkan pada persidangan John McCaffary pada tahun 1851, dan kemudian pada tahun 1853 ia memimpin kampanye di Majelis Negara Wisconsin. Dia adalah adik dari Charles Sholes (1816-1867) yang juga seorang penerbit surat kabar dan politisi yang bertugas di kedua majelis Wisconsin State Legislatif dan sebagai walikota Kenosha.
             Mesin ketik pertama kali yang sukses secara komersil diciptakan oleh C. Latham Sholes, Carlos Glidden dan Samuel W. Soule pada tahun 1867. Penemuan ini kemudian memperoleh hak paten dan dibeli oleh E. Remington and Sons, sebuah perusahaan manufaktur. Walaupun demikian, mesin ini pada awalnya masih memiliki beberapa kekurangan antara lain juru tulis tidak dapat melihat hasil ketikan secara langsung dan adanya kesulitan akan penempatan tuts yang digunakan untuk kembali pada posisi semula. Hal ini kemudian dapat diatasi dengan munculnya “visible typewriters” seperti mesin ketik Oliver pada tahun 1895. Tata letak ”qwerty” pada papan ketik sudah menjadi standardisasi dan tetap digunakan hingga saat ini. Pada tahun 1874, Sholes dan Glidden menciptakan mesin ketik dengan tata letak papan ketik ”qwerty”. Tata letak ini telah menjadi standar dalam mesin ketik dan papan ketik komputer yang berbahasa Inggris. Tipe ”qwerty” disesuaikan di beberapa negara lain, seperti ”qzerty” di Itali, ”azerty” di Perancis, dan ”qwertz” di Jerman. Tata letak ini dianggap kurang efisien karena memperlambat juru tulis dalam mengetik. Walaupun demikian, tata letak seperti ini dapat mengurangi frekuensi typebar yang mengganjal dan macet pada mesin. Kemudian muncul sejumlah usulan mengenai tata letak yang radikal, seperti “Dvorak”, tetapi tidak ada yang mampu menggantikan ”qwerty”. Mesin ketik ”Blickebsderfer” dengan tata letak ”Dhiatensor” mempunyai kemungkinan sebagai usaha pertama yang mengoptimalkan tata letak mesin ketik untuk keuntungan efisiensi. QWERTY adalah salah satu jenis tata letak tombol-tombol pada keyboard. Dinamakan demikian karena tombol-tombol huruf Q, W, E, R, T, dan Y berada secara berurutan seperti terlihat dalam baris paling atas dari papan ketik ini (yaitu yang dipakai pada kebanyakan keyboard komputer saat ini). 
2. Alan Shugart (Penemu Floppy Disk)
Pada tahun 1971 IBM memperkenalkan " memory disk " pertama, yang kemudian terkenal dengan floppy disk atau disket. floppy pertama merupakan disk plastik yang di lapisi besi magnetik oksida; data di tulis dan di baca dari permukaan disk. Nama "floppy" di ambil karena sifatnya yang fleksibel. floppy disk menjadi perangkat revolusioner pada waktu itu, karena portabilitasnya yang menyediakan sebuah alat fisik baru dan mudah di gunakan untuk mengirimkan data dari komputer ke komputer. floppy merupakan hasil penemuan seorang insinyur IBM yaitu alan shugart, disk pertama di rancang untuk memuat microcode ke dalam pengendali {controler} file disk merlin {IBM 3330} {perangkat penyimpanan 100 MB}. sehingga , sebenarnya floppy pertama di gunakan untuk mengisi tipe penyimpanan data di perangkat lain. kemudian di temukan lagi penggunaan tambahan floppy disk yaitu membuatnya menyimpan program baru dan media penyimpanan file. bagaimana floppy bekerja? floppy merupakan benda magnetik yang mirip dengan sejenis tape perekam; satu atau dua sisi dari disk di gunakan untuk merekam. disk mengambil atau menangkap floppy pada bagian tengahnya dan mengelilingi/ memutarnya seperti dalam kegiatan merekam. pada bagian read/write head. sama seperti head pada tape deck, menyentuh permukaan melalui pembukaan penutup plastik. floppy buatan shugart memiliki kemampuan 100 kb data. tahun 1976,disk drive verukuran 5 1/4 dan disket di kembangkan oleh alan shugart di wang laboratories. wang menginginkan floppy disk dan disk drive yang lebih kecil untuk mengunakan komputer desktop mereka. tahun 1978 lebih dari 10 pabrik memproduksi flooppy drive ukuran 5 1/4, tahun 1981 sony memperkenalkan floppy drive dan disket berukuran 3 1/2. ini adalah floppy yang paling terkenal di kalangan penguuna komputer saat ini.kemudian di ikuti oleh penemuan richard mateosian yang mengembangkan floppy disk operating system untuk floppy pertama kali. disk tersebut berukuran 8 inci dalam diameter dan kapasitas sebesar 200 k. karena ukuran tersebut terlalu besar mereka kemudian membaginya ke dalam empat partisi yang masing masing partisi merupakan perangkat hardware terpisah- hal ini dapat di analogikan seperti cassette drive. sistem operasi yang di buatnya memiliki kumpulan perangkat logika { sumber input, output listing, output error, output biner. dan lain sebagainya}. dan mekanisme untuk membuat sebuah korespondensi antara alat alat tersebut dan perangkat hardware. program aplikasinya merupakan hasil rakitan HP, compiler dan seterusnya, kebanyakan di modifikasi untuk menggunakan perangkat logikanya untuk fungsi fungsi I/O.secara mendasar sebenarnya sistem operasi bersandar pada sistem command monitor. command memilki tugas utama untuk melakukan manipulasi file. ada beberapa command yang bersifat kondisional { seperti IF DISK} salam menggunakan file file batch. keseluruhan sistem operasi dan seluruh program program aplikasi di rakit menggunakan bahasa rakitan dalam mesin HP 2100.
3. Robert Kahn (Penemu TCP/IP)
Robert Elliot KahnDescription: http://www.assoc-amazon.com/e/ir?t=mp3015-20&l=btl&camp=213689&creative=392969&o=1&a= (lahir 23 Desember, 1938) adalah pelopor internet Amerika,insinyur dan   ilmuwan komputer, yang, bersama dengan Vinton G. Cerf, menciptakan Transmission Control Protocol (TCP) dan Internet Protocol (IP ), protokol komunikasi dasar di jantung dari Internet. Setelah menerima B.E.E. gelar di bidang teknik listrik dari City College of New York pada tahun 1960, Kahn mendapat gelar MA dan Ph.D. derajat dari Princeton University pada tahun 1962 dan 1964 masing-masing. Setelah menyelesaikan kuliah, ia bekerja untuk AT & T Bell Laboratories, dan kemudian menjadi asisten profesor di MIT. Dia kemudian bekerja di Bolt, Beranek dan Newman (BBN), di mana dia membantu mengembangkan IMP tersebut. 
Pada tahun 1972, ia mulai bekerja di Kantor Informasi Teknik Pengolahan (IPTO) dalam ARPA. Pada musim gugur 1972, ia menunjukkan ARPANET dengan menghubungkan 20 komputer yang berbeda di International Computer Communication Conference, "adalah peristiwa DAS yang membuat orang tiba-tiba menyadari bahwa packet switching teknologi yang nyata." Dia kemudian membantu mengembangkan TCP / IP protokol untuk menghubungkan jaringan komputer yang beragam. Setelah ia menjadi Direktur IPTO, ia mulai miliar dolar Amerika Serikat pemerintah Computing Initiative Strategis, penelitian komputer terbesar dan program pembangunan yang pernah dilakukan oleh pemerintah federal AS. Setelah tiga belas tahun dengan DARPA, ia pergi untuk menemukan Corporation untuk Inisiatif Riset Nasional (CNRI) pada tahun 1986, dan pada 2009 adalah Ketua, CEO dan Presiden . CNRI adalah sebuah organisasi nirlaba yang dimaksudkan untuk menyediakan kepemimpinan dan pendanaan untuk penelitian dan pengembangan Infrastruktur Informasi Nasional. Ketika bekerja pada sebuah proyek jaringan paket satelit, ia datang dengan ide-ide awal untuk apa yang kemudian menjadi Transmission Control Protocol (TCP), yang dimaksudkan sebagai pengganti protokol jaringan sebelumnya, NCP, yang digunakan dalam ARPANET. Ketika bekerja pada ini, ia memainkan peran utama dalam membentuk dasar dari arsitektur jaringan terbuka, yang akan mengizinkan komputer dan jaringan di seluruh dunia untuk berkomunikasi satu sama lain, terlepas dari apa hardware atau perangkat lunak komputer di masing-masing jaringan yang digunakan.Untuk mencapai tujuan ini, TCP dirancang untuk memiliki fitur sebagai berikut: 1. Sub bagian kecil dari keseluruhan jaringan akan mampu berbicara satu sama lain melalui sebuah komputer khusus yang hanya diteruskan paket (pertama disebut gateway, dan sekarang disebut router). 2. Tidak ada bagian dari jaringan akan menjadi titik tunggal kegagalan, atau akan dapat mengontrol seluruh jaringan. 3. Setiap bagian dari informasi yang dikirim melalui jaringan akan diberi nomor urut, untuk memastikan bahwa mereka ditangani dalam urutan yang benar di komputer tujuan, dan untuk mendeteksi hilangnya salah satu dari mereka. 4. Sebuah komputer yang mengirim informasi ke komputer lain akan tahu bahwa itu berhasil diterima ketika komputer tujuan mengirim kembali paket khusus, yang disebut acknowledgement (ACK), untuk itu bagian tertentu dari informasi. 5. Jika informasi yang dikirim dari satu komputer ke komputer lain hilang, informasi akan ditransmisikan ulang, setelah kerugian terdeteksi oleh batas waktu, yang akan mengakui bahwa pengakuan yang diharapkan belum diterima. 6. Setiap bagian dari informasi yang dikirim melalui jaringan akan disertai dengan sebuah checksum, dihitung oleh pengirim asli, dan diperiksa oleh penerima akhir, untuk memastikan bahwa itu tidak rusak dengan cara apapun perjalanan. 
Vint Cerf bergabung dengannya pada proyek di musim semi 1973, dan bersama-sama mereka menyelesaikan versi awal dari TCP. Kemudian, itu dipisahkan menjadi dua lapisan yang terpisah, dengan fungsi yang lebih mendasar dipindahkan ke Internet Protocol (IP). Dua bersama-sama biasanya disebut bersama sebagai TCP / IP, dan merupakan dasar untuk Internet modern. Pada tahun 1992 ia mendirikan, dengan Vint Cerf Internet Society untukmenyediakankepemimpinan dalam standar terkait internet, pendidikan dan kebijaka Vinton CerfVinton Gray Description: http://www.assoc-amazon.com/e/ir?t=mp3015-20&l=btl&camp=213689&creative=392969&o=1&a="Vint" Cerf (lahir 23 Juni 1943) adalah seorang ilmuwan komputer Amerika, yang diakui sebagai salah satu "bapak Internet", berbagi gelar ini dengan ilmuwan komputer Amerika Bob Kahn. Kontribusi Nya telah diakui dan dipuji, berulang kali, dengan gelar kehormatan, dan penghargaan yang termasuk National Medal of Technology, Turing Award, Presidential Medal of Freedom, dan keanggotaan dalam National Academy of Engineering. Pada hari-hari awal, Cerf adalah seorang manajer program untuk Amerika Serikat Departemen Pertahanan Advanced Research Projects Agency (DARPA) mendanai berbagai kelompok untuk mengembangkan teknologi TCP / IP. Ketika Internet mulai transisi ke kesempatan komersial selama 1980-an, [rujukan?] Cerf pindah ke MCI mana ia berperan dalam pengembangan sistem email komersial pertama (MCI Mail) yang terhubung ke Internet. Vinton Cerf berperan dalam pendanaan dan pembentukan ICANN dari awal. Cerf menunggu di sayap selama setahun sebelum ia melangkah maju untuk bergabung dengan Dewan ICANN. Akhirnya ia menjadi Ketua ICANN. Pada tahun 1992 ia bersama mfounded, dengan Bob Kahn Internet Society untuk menyediakan kepemimpinan dalam standar terkait internet, pendidikan dan kebijakan. Cerf telah bekerja untuk Google sebagai Wakil Presiden dan Kepala Penginjil internet sejak September 2005.In fungsi ini ia telah menjadi terkenal untuk prediksi tentang bagaimana teknologi akan mempengaruhi masyarakat masa depan, meliputi bidang-bidang seperti kecerdasan buatan, environmentalisme, munculnya IPv6 dantransformasi industri televisi dan model pengiriman. Cerf juga pergi ke sekolah tinggi yang sama sebagai Jon Postel dan Steve Crocker, ia menulis obituari itu mantan. Keduanya juga berperan dalam penciptaan Internet seperti yang kita kenal (lihat artikel). Sejak 2010, Cerf telah menjabat sebagai Komisaris untuk Komisi Broadband untuk Pembangunan Digital, sebuah badan PBB yang bertujuan untuk membuat teknologi internet broadband yang lebih banyak tersedia.

4.  Linus Torvalds (Penemu Linux)
Linus Torvalds lahir di Helsinki, Finlandia, pada tanggal 28 Desember 1969. ketika usianya baru 10 tahun dia sudah mulai berkecimpung dalam urusan pembuatan pemrograman computer melalui komputer Commoore VIC-20 milik kakeknya. Pada tahun 1988, Linus kuliah di university ofHelsinky, Finlandia. Disana dia mulai mengenal pemrograman C. Untuk lebih memperdalam ilmunya, Linus kemudian membelil sebuah komputer yang kala itu masih menggunakan MS-DOS buatan microsoft sebagai sistem operasinya. Tapi, kala itu Linus justru lebih tertarik pada komputer milik universitasnya yang menggunakan sistem operasi UNIX. Ia pun coba mengembangkan sistem operasi yang memadai untuk PC UNIX. Beberapa bulan kemudian Linus berhasil membuat versi kasarnya yang diberi nama Linux. Nama Linux mungkin saja merupakan akronimdari Linus dan UNIX.
Untuk memperkenalkan sistem operasi barunya tersebut, Linus mem-posting pesan melalui internet kepada para pengguna PC di seluruh dunia. Bahkan Linus membuat software-nya untuk dapat di download secara gratis. Dan sebagaimana biasa dilakukan oleh sesama pengembang software saat itu, dia merilis source code-nya, yang berarti bahwa semua orang yang memiliki pengetahuan tentang pemrograman komputer dapat memodifikasi Linux untuk disesuaikan dengan tujuan mereka masing-masing. Mengoperasikan Linux memang membutuhkan kecerdasan tekhnik yang cukup, sebab pengoperasiannya tidak semudah menggunakan sistem operasi yang lebih populer, seperti windows, Mac milik Apple komputer, atau OS/2 milik IBM. Namun, karena para volunteer developer memuji sendiri akan kualitasnya, Linux menjadi cukup dikenal dengan keunggulan sebagi sistem yang efisien dan jarang sekali terjadi crash atau seperti kebanyakan orang menyebutnya dengan hang (sistem tiba-tiba berhenti).
Pada akhir tahun 1990, Linux mulai mendapatkan sambutan yang cukup besar dari pengguna PC. Bahkan para pesaing Microsoft sangat tertarik dan mulai ikut mengembangkan Linux. Perusahaan sperti Nestcafe Communication, Corel, Oracle, Intel, dan perusahaan-perusahaan lain mengumumkan bahwa mereka berencana untuk mendukung Linux sebagai alternatif sistem operasi yang murah sekaligus andal. Linux di negara-negara berkembang mengalami kemajuan yang sangat pesat. Harga perangkat lunak bisa mencapai 100 dollar AS atau lebih. Di negara yang rata-rata penghasilan per tahunnya antara 200-300
dollar AS, uang 100 dollar AS sangatlah besar. Dengan adanya Linux, semua berubah. Karena Linux dapat digunakan pada komputer yang tergolong lama, dia menjadi alternatif paling cocok bagi komputer beranggaran kecil. Di negara-negara Asia, Afrika, dan Amerika Latin, Linux adalah jalan keluar bagi penggemar komputer.
Karena keterbukaan pada sistem source codenya, banyak kelompok pengembang yang ikut memperbaiki segala fiturnya, sekaligus memindahkan berbagai aplikasi agar berjalan di Linux. Salah satu hasilnya yaitu adanya perubahan dari sistem operasi Linux yang tadinya cenderung kurang asing menjadi user friendly. Semua itu dimungkinkan berkat adanya KDE dan GNOME. Berkat kedua interface ini, tampilan desktop Linux lebih menarik dan mampu mengubah persepsi dunia tentang Linux. Pemanfaatan sistem operasi Linux juga kini sudah diterapkan pada superkomputer dunia seperti The Tetragrid, sebuah megakomputer dari Amerika yang dapat menghitung lebih dari 13 triliun kalkulasi per detik (13.6 TeraFLOPS – Floating Operations Per Second). Tetragrid dapat dimanfaatkan untuk mencari solusi dari masalah matematika kompleks dan simulasi, dari astronomi dan riset kanker hingga ramalan cuaca.
Yang lainnya, yaitu Evolocity. Juga dari Amerika, sebuah komputer yang dapat berjalan dengan kecepatan maksimum 9.2 TeraFLOPS, menjadikannya sebagai salah satu dari lima superkomputer tercepat di dunia. Bahkan dalam waktu yang sama, Linus mengambil posisi di Transmeta corp., yang dimiliki salah satu pendirinya, Paul Allen. Di situ, Linus bekerja dalam sebuah projek yang sangat rahasia, yang diasumsikan oleh banyak komunitas high-tech akan berkembang menjadi sebuajh kekuatan yang bisa menjadi sumber serangan di masa depan bagi kerajaan Microsoft. Ketika mulai diperkenalkan, sistem operasi Linux tidak mempunyai logo. Para pengembang pun bertanya-tanya dan mengusulkan agar Linux diberi logo sebagai identitasnya. Kemudian terpilihlah penguin Tux (Torvalds Unix) sebagai logonya. Logo itu dirancang oleh seniman Larry Ewing.
Terpilihnya logo penguin berdasarkan pengalaman Linus pada waktu berlibur, ia pergi ke daerah selatan. Disana dia bertemu seekor penguin pendek yang menggigit jarinya. Kejadian lucu ini merupakan awal terpilihnya penguin sebagai logo sistem operasi ciptaannya. Hingga sekarang, logo Linux sudah terkenal ke berbagai penjuru dunia. Orang lebih mudah mengenal segala produk yang berbau Linux hanya dengan melihat logo yang unik nan lucu ini.

  

Daftar pustaka
http://blogpenemu.blogspot.com/2014/02/christopher-latham-sholes-penemu-mesin.html
http://cahmuria.blogspot.com/2009/06/alan-shugart-sang-penemu-floppy-disk.html
http://pacebuk.blogspot.com/2011/08/bob-kahn-vinton-cerf.html

http://kolom-biografi.blogspot.com/2008/11/biografi-linus-torvalds-sang-pencipta.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar